Siapa yang gak kenal sama salah satu klub papan tengah Liga Inggris ini? bukan sekadar tim penggembira dan kuda hitam tapi sama halnya tim papan tengah lainnya semisal the blues (Chelsea Football Club) prestasi Newcastle pada masa kejayaannya patut diacungi jempol lho, Jika tidak menutup kemungkinan ada taipan atau bilionair yang berminat menyuntikan dana untuk membenahi dan memperkuat manajemen, membeli pemain dengan talenta serta skill yang hebat tidak diragukan lagi performa serta perkembangan kelas dari papan tengah menjadi salah satu klub besar yang diperhitungkan seperti yang terjadi pada Chelsea dan Manchester City pasti akan tejadi hal yang sama pula pada The Magpies!

Ada beberapa sumber yang mencantumkan berbeda mengenai tanggal berdirinya klub sepakbola yang bermarkas di salah satu stadion yang pernah menyandang sebagai stadion terbesar kedua setelah New Wembley Stadium, yaitu ada yang menyebutkan tanggal kelahiran klub tersebut adalah 1881 dan lainnya adalah 1892 tapi yang aku rilis dari sumber resmi terpercaya adalah 1881. Terlepas ada perbedaan pendapat pada masalah tersebut aku tetap benar-benar kagum dan bangga pada prestasi dan masa kejayaannya yang pernah diraih oleh pasukan The Toon Army ini, tidak bisa disepelekan buktinya ada pada bagian sejarah even kompetisi tertua dan terbaik di Inggris : Piala FA dan Liga Primer Inggris itu sendiri.

5 kali masuk final F.A Cup, dua diantaranya adalah final pada tahun yang berturut-turut,1905 dan 1906, kemudian berikutnya pada tahun 1908, 1910 dan 1911. Walau dalam 5 kali berhasil masuk pada putaran final tapi hanya bisa membawa pulang pialanya pada final Piala FA tahun 1910. Sekaligus Dalam masa perhelatan kompetisi pada musim 1908-1909 Newcastle mendapat black histories karena menorehkan catatan sejarah pertandingan berupa kekalahan telak 9 - 1 saat berhadapan dengan Sunderland yang sampai sekarang dianggap sebagai musuh abadi terbesar nomor satu dari skuad tim Saint James Park tersebut, dan diurutan kedua rival bebuyutannya adalah Manchester United.

Tapi ternyata prestasi dan semangat juara yang dimiliki salah satu tim sepakbola favoritku itu tidak berhenti sampai disitu, terbukti pada tahun 1924 sampai tahun 1927 gelar juara liga berhasil diraih oleh tim yang mendapat julukan The Magpies ini (julukan yang diambil dari logo lama Newcastle yang didalamnya mencantumkan gambar lambang seekor spesies burung kacer atau Magpie).

Sebelum performanya labil dan mulai menurun ketajamannya sebagai salah satu klub favorit juara sampai sekarang, Newcastle masih bisa mencatat sejarah memenangkan tiga kali juara Piala FA  yaitu pada tahun 1951 dengan mengalahkan Blackpool 2-0, setahun kemudian (1952) mengalahkan Arsenal 1-0 dan pada tahun 1955 dengan mengalahkan Manchester City 3-1!

Masih tetap yakin Newcastle sampai saat ini adalah tim papan tengah yang hebat terbukti ditengah perseteruan  dan krisis yang dialami pihak manajemen klub dan sempat terlempar ke jurang degradasi dan membuatnya terpaksa turun masuk ke liga divisi dua setelah 16 tahun berpacu kompetisi di liga primer, kini mereka kembali (liga primer 2010-2011) dengan tetap eksis mengusung semangat kompetitif dan sportif khas klub sepakbola Inggris besar lainnya.

Skuad Tim Musim 2012-2013



Dibawah ini berikut beberapa perubahan logo Newcastle United dari mulai diresmikannya logo pertama 1911 sampai musim 1969

1969 - 1976


Newcastle city crest.png

1976 - 1983

Newcastle United FC logo (1976-1983).png

1983 - 1988

Newcastle United FC logo (1983-1988).png

1988 - Sampai sekarang

Newcastle United FC logo.svg


Dan dibawah ini salah satu dari beberapa pemain favoritku yang masih membela ataupun yang pernah membela skuad tim dari gabungan klub sepakbola Newcastle East End dan Newcastle West End ini.


  • Papiss Cisse



Newcastle United
Newcastle United's Papiss Cisse celebrates after scoring during their English League Cup soccer match against Manchester United at Old Trafford in Manchester, northern England, September 26, 2012.(Photo : Reuters ) "



  • Fabio Coloccini Bek sekaligus kapten tim






Jadi keinget sama salah satu pemain favorit besarku juga, Puyol kapten juga sekaligus berposisi sama sebagai bek di Tim Besar Catalan, Barcelona F.C!!
dan terakhir (but not least sih hehe)...


  • Michael Owen!
Siapa yang gak kenal dia haiyo? pemain favorit dunia dekade 1990-an ini bermain di beberapa klub sepakbola raksasa seperti Manchaster United, Liverpool dan Real Madrid sebelum berikutnya bermain sebagai striker utama di Newcastle United yang sekarang hengkang dan bermain di Stoke City.

Newcastle United's Michael Owen


Newcastle United juga sempat dijadikan salah satu koleksi fashion pada mode busana kategori lingerie dan underwear.

cukup ya contoh modelnya hehehe

Biodata Club : 


Berdiri: 1881

Alamat: St. James Park, Strawberry Pl, Newcastle upon Tyne, NE1 4ST England

Telepon: 0191.20.18.400

Faksimile: 0191.20.18.600

Surat Elektronik: custserv@nufc.co.uk

Laman Resmi: http://www.nufc.premiumtv.co.uk

Ketua: Mike Ashley

Direktur: Derek Llambias

Stadion: St. James' Park




Dan mengakhiri koleksi tulisanku tentang salah satu tim sepakbola favoritku ini aku sesajenin eh saji'in sebuah cuplikan video salah satu kemenangan legendaris Newcastle United saat bermain di Liga Primer Inggris musim 1996 - 1997 saat berhadapan dengan Manchester United :








Newcastle United buat aku benar-benar  The Unstoppable Fav!          


referensi : goal.com, wikipedia, sobatbola.com, youtube.