Apa arti kesuksesan menurutmu? apakah ketika kamu berhasil memiliki mobil impian dengan rumah yang megah yang di dalamnya ada kolam renang dan stadion sepak bolanya? atau ketika kamu berhasil menyelesaikan studi dengan topi toga dan baju wisuda? atau ketika perusahaan tempatmu bekerja menaikkan pangkat dan karirmu bertambah lebih baik dari hari ke hari? atau ketika semua keinginan dan cita-citamu bisa terpenuhi dan kamu wujudkan? haha itu semua terserah kamu bagaimana kamu mengartikan dan memaknai kata dari kesuksesan...

Tapi bagiku kesuksesan itu adalah dimana aku bangga menjadi diriku sendiri dan bisa selalu terlihat senang dan bahagia menjalani hidupku walau dengan biasa-biasa saja sekalipun, setiap hari aku merasa menjadi orang sukses, setiap hari aku bisa berkenalan, berbincang-bincang kemudian tertawa lepas dan bersenda gurau dengan berbagai orang-orang yang aku kenal, baru ku kenal atau beberapa menit yang lalu belum pernah ku kenal, aku mempunyai banyak teman yang baik dan itu adalah salah satu kesuksesanku, aku masih bisa makan tiga kali sehari dengan lauk tempe goreng, tahu bacem dan kerupuk itu juga bagian kesuksesan bagiku, aku menyapu, mengepel, mengelap setiap bagian rumahku yang kotor menjadi kembali bersih itu pula adalah bagian kesuksesanku, membantu nenek menyeberang jalan sambil ikut membawakan barang bawaannya aku merasa aku orang tersukses di dunia, bisa berbagi kelezatan dari semangkuk mie goreng buatanku kepada adek kecil  tetangga sebelahku adalah bentuk salah satu kesuksesan yang ku capai, aku bisa mencuci piring bekas makanku, mencuci sendiri sepatu dan baju sekolahku dan tidak merepotkan ibu adalah juga merupakan kesuksesanku..

Sama seperti kalian aku juga menganggap kesuksesan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dan sesuatu yang paling berharga dalam hidupku. tapi yang aku perjuangkan bukan gelar pendidikan ataupun status karir yang membanggakan, bukan juga mobil sport, jam tangan rolex atau rumah mewah dengan kolam renang dan helikopter di dalamnya tapi yang aku inginkan adalah bisa selalu sukses mempunyai waktu untuk orang-orang terdekat yang kusayangi dalam hidupku, pengen bisa setiap sore mencicipi nasi hik lengkap dengan lauk tahu isi, tempe goreng dan tahu bacem lengkap dengan es teh segar di warung angkringan pak Safari bersama teman-teman, harus bisa berkumpul dengan keluarga diruang tengah sambil minum teh, makan cemilan dan bersenda gurau bersama, ingin selalu bisa memeluk dan mencium kening ibu setiap hari, memberikan kejutan kecil dan membuat tertawa pacar dan menemani dan membantu kesibukannya ketika dibutuhkan, bermain sepakbola atau fusal bersama dengan teman, adek keponakan, kakak kelas, bahkan dengan kakekku juga, hahaha. Merekalah yang paling berharga dalam kehidupanku, merekalah kesuksesanku, merekalah alasanku untuk terus melewati hidup dengan optimis dan tersenyum... Terima kasih  Tuhan sudah menjadikan mereka sesuatu yang berharga dalam hidupku.

Sukses itu sederhana, jadi tidak ada sedikitpun rahasia untuk sukses. Selalu berbahagialah setiap hari karena kita tidak pernah menyadari kalau sesungguhnya kita setiap hari sukses dan sekecil apapun hal dalam hidup kita adalah kesuksesan.


Inspirasi besar untuk tulisan kecil dan sederhanaku :

Arti Kesuksesan

Foto Saya